Hetifah: Literasi Digital dan Keterampilan Usaha Kunci Sukses Para Santri di Era Teknologi

BALIKPAPAN-Pesantren Hidayatullah Balikpapan menjadi tuan rumah Santri Digitalpreneur Indonesia 2024, dihadiri Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

Hetifah menekankan pentingnya literasi digital dan keterampilan usaha dalam era teknologi. Literasi digital, termasuk pemahaman teknologi, kritis terhadap informasi, dan keterampilan mencari, mengevaluasi, serta menyajikan informasi, menjadi esensial.

"Selain ilmu agama Pesantren bisa membekali Santri dan santriwatinya keterampilan teknologi seperti pemrograman, desain grafis, dan pemasaran digital," kata dia di hadapan ratusan santri di Ponpes Hidayatullah, Selasa (30/4/2024) malam.

Hetifah juga menyoroti pentingnya memanfaatkan teknologi dalam membangun keterampilan usaha, dengan tetap menjunjung tinggi etika dan moralitas.

Melalui acara ini peserta diajak untuk lebih bersemangat meningkatkan literasi digital, memanfaatkan teknologi untuk keterampilan usaha, dan menjadi generasi yang mampu bersaing di era digital.

Di sisi lain, Kemenparekraf mendorong agar para santri menjadi pengusaha mandiri dan menciptakan lapangan kerja.

Program Santri Digitalpreneur Indonesia (SDI) sendiri merupakan wadah pelatihan dan peningkatan kapasitas santri dan generasi muda dalam menghadapi tantangan industri digital kreatif.

Tahun ini merupakan tahun ke-4 dilaksanakannya program santri digitalpreneur yang tahun ini mengusung tema ‘Generasi Kreatif, Berdaya Saing’.

Editor: Indra Zakaria

*) sumber: prokal.co

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalam mualaikum Saya warga samarinda Ingin bertemu dgn beliau bagaimana ya

  2. Ade saya tahun lalu belum dapat beasiswa .semoga tahun ini dapat bu🙏

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ibu,,saya mo tanya Bu,,dulu di thn 2020 anak saya kelas lima SD di cek dapat pip ,, nah sampai sekarang di thn 2024 anak saya mau masuk SMU,belum pernah diterima uangnya,di status nya tertulis uang dikembalikan kepada negara,,mhn minta penjelasan nya Bu,itu disebabkan ap ya Bu,,terima kasih banyak sebelumnya Bu,🙏

Lihat semua aspirasi