Phinisi Mahligai: Simbol Kemajuan Pariwisata IKN di Mata Hetifah Sjaifudian

Balikpapan, 10 Juli 2024 Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, mengungkapkan antusiasmenya terkait dimulainya operasi kapal wisata Ibu Kota Nusantara (IKN) bulan ini. Kementerian Perhubungan telah berhasil melakukan uji coba sandar kapal Phinisi Mahligai di Dermaga Pulau Balang, menandai kemajuan signifikan dalam infrastruktur pariwisata di wilayah tersebut.

Hetifah memuji upaya kolaboratif Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan lokal. Ia menyoroti potensi proyek ini dalam meningkatkan pariwisata dan pembangunan ekonomi lokal. "Inisiatif ini diharapkan dapat menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat, meningkatkan pertumbuhan keseluruhan Kalimantan Timur," ujarnya.

Operasi kapal wisata IKN diharapkan dapat menarik wisatawan domestik dan internasional, menawarkan pengalaman perjalanan unik melalui jalur air yang indah di Kalimantan Timur. Hetifah menekankan pentingnya menjaga standar keselamatan dan lingkungan untuk memastikan pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan.

Lebih lanjut, Hetifah mencatat peran proyek semacam ini dalam mempromosikan warisan budaya dan tradisi lokal. Phinisi Mahligai, kapal layar tradisional Indonesia, tidak hanya berfungsi sebagai daya tarik wisata tetapi juga sebagai simbol sejarah maritim Indonesia yang kaya. Keberhasilan uji coba sandar di Dermaga Pulau Balang menjadi preseden positif untuk pengembangan masa depan di wilayah tersebut. Kementerian Perhubungan berencana untuk terus bekerja sama dengan otoritas lokal guna mengoptimalkan operasi dan layanan kapal wisata IKN.

Inisiatif ini sejalan dengan tujuan lebih luas dari pengembangan IKN, yang bertujuan untuk mengubah Kalimantan Timur menjadi tujuan wisata terkemuka di Indonesia. Hetifah menegaskan komitmennya untuk mendukung proyek-proyek yang mendorong pertumbuhan regional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Hetifah juga mengingatkan pentingnya keamanan dan keselamatan kapal wisata tersebut, serta kesiapan dari pemangku kepentingan lain jika terjadi hal-hal tak terduga yang mengancam keselamatan wisatawan. "Kesiapan ini akan memastikan bahwa para wisatawan dapat menikmati pengalaman mereka dengan tenang dan aman," tambahnya.

*) sumber : kaltimkita.com

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamu'alaikum. Dana pip yang cair tahun 2022 masih bisa di tarik kah bu? Kebetulan dulu saya pernah bertanya melalui email, apakah dana pip itu bisa di simpan saja di rekening dan jawabannya bisa, jadi belum saya ambil. Dan ini sudah waktunya di pakai dana nya apa bisa di ambil ya bu? Mohon jawabannya bu... terima kasih. Wassalamu'alaikum...

  2. wa'alaikumussalam Ibu Fitriani Terkait usulann Beasiswa PIP Aspirasi Ibu Hetifah, mohon infokan data dibawah ini : Nama Siswa : Nama Sekolah : NPSN : Kendala : Lalu dikirim ke nomor call center PIP Aspirasi Ibu Hetifah di nomor 0895-7003-69996. Terima kasih Ibu

Lihat semua aspirasi