Menjaga Ketahanan Pangan Melalui Pelatihan Bercocok Tanam

Jakarta,- Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengatakan, pelatihan bercocok tanam penting bagi perempuan. Menurut dia, pelatihan itu penting sebagai cara menjawab tantangan ke depan bagi wanita untuk berperan aktif dalam ketahanan pangan.

"Tentu kita semua tahu bahwa ketahanan pangan kita ke depan semakin terancam, dikarenakan semakin sempitnya lahan pertanian di kota, meningkatnya jumlah penduduk, dan perubahan iklim," kata Hetifah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/9).

Salah satu pelatihan bercocok tanam untuk rumah tangga dilakukan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian pada Selasa (3/9) sore lalu. Kegiatan diikuti tak kurang dari 70 orang ini dibuka oleh PLH Kepala BPTP Jakarta Syarifah Aminah

Hetifah yang juga merupakan Ketua Umum PP KPPG ini menambahkan, perempuan yang merupakan tonggak ketahanan pangan dalam keluarga perlu mengikuti pelatihan bercocok tanam.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Miranti Kono mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 75 perempuan. Mereka mendapatkan materi serta praktek langsung di lapangan. Selain itu, mereka akan dibekali bibit tanaman sayur supaya bisa langsung mempraktekan di rumah.

"Peserta mendapatkan materi terkait Inovasi Teknologi Urban Farming, kemudian praktek terkait penanaman sistem pot, wall garden, hidroponik, vertiminaponik, walqaponik, roof garden, microgreen, vermicomposting, budidaya kelinci sampai mengolah sayuran menjadi smoothies," ujar Miranti.

Salah satu peserta, Efin Soehada mengapresiasi kegiatan ini. "Kegiatan ini mengajarkan kita hal-hal baru yang sangat bermanfaat bagi keluarga kita sendiri, di antaranya penanaman, pembibitan, pemupukan, pemeliharaan, serta kegiatan pascapanen," kata Efin.

*) sumber : merdeka.com

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Kami guru SMK yg naunganya di pemprov. Kaltim. Kami ingin Dalam masalah kenaikan pangkat jgn lah di persulid. Ini yg Kami Alami sebagai guru. Karena kami sudah mengajar, bikin perangkat mengajar tapi masih terbebani, Ini Itu Dalam pelaksanaan kenaikan pangkat yg penting sudah 2 tahun dan kridit nya sudah melampaui yg di tentukan, kami bisah di permudah dlm naik pangkat wassallam

  2. Ibuk... saya harap ada tranparannya dalam setiap ujian UP PPG... ada yg sudah berapa kali ikut tapi tidak lulus. Anehnya padahal ujiannya sistem online, tapi hasilnya kok gak bisa langsung diumumkan sih... Dan harapannya bagi yg sudah lulus UP untuk segera ditindaklanjuti terkait kenaikan honornya 😁😁

  3. NamaRistiono Ketua POKDAKAN OPLUSAN Saya selaku. KetuaPOKDAKAN OPLUSAN Memohon kepada Ibu yang Saya Hormati Kami berherak dibidang Budidaya. Perikanan air tawaryaitu BUDIDAYA IKAN LELEKOLAM TERPAL. Yang mengalami permasalahan tingginya harga pakan ikan maka dari itu Saya Selaku Kerua Kelompok POKDAKAN OPLUSANMemohon bantuan berupa MESIN PENEPUNG dan MESIN PENCETAK PELET satu paket

Lihat semua aspirasi