Polemik PPDB sistem Zonasi, Wakil Ketua Komisi X DPR RI angkat Bicara

Jakarta – Penerimaan Peserta Didik Baru yang menggunakan sistem Zonasi atau tempat tinggal menuai kritik dari Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian.

Dalam PPDB sistem zonasi, Sambung Hetifah Saat diskusi dengan Tajuk “Dibalik Kebijakan Zonasi” pada senin kemarin 1/7/2019 di bilangan Jakarta Menuturkan, ada saja pihak yang melakukan upaya penyimpangan administrasi sampai pembuatan KK (kartu keluarga) palsu.

“Bahkan sebelum KK untuk PPDB, penyelewengan sempat terjadi terkait SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu),” Ungkap Hetifah.

Lebih jauh Hetifah Menuturkan, Setiap kebijakan ideal apapun selalu ada proses menyeleweng, dulu SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) diselewengkan, sekarang dengan zonasi jarak.

“harus diperjelas sanksi yang akan diberikan bagi pelaku kecurangan dan Pemalsuan. Begitu juga dengan oknum perangkat negara yang memang terbukti terlibat dalam kasus jual beli KK tersebut,” Jelas Hetifah.

Tidak Hanya itu, Kata Hetifah, lantas apa sanksi yang kita berikan, kalau terbukti ada ASN, kepala daerah, atau dinas-dinas dan sekolah yang terlibat. bahkan, lanjut Hetifah, parahnya ada unsur keamanan yang terlibat dalam jual-beli KK yang nilainya bisa puluhan juta rupiah, bisa sehari jadi KK hanya untuk mendapatkan sekolah yang favorit.

“Untuk itu, DPR RI akan menggandeng Ditjen Dukcapil agar menelusuri penyelewengan tersebut,” Ujar Hetifah.

Hetifah menyebutkan, kecurangan berupa penyelewengan KK dianggap merugikan siswa lainnya yang memang benar-benar memenuhi syarat untuk bisa diterima di sekolah tertentu.

Untum itu, Kata Hetifah, kami bersama dengan Dukcapil, DPR RI akan koordinasi lagi soal mengapa penyelewengan administrasi di PPDB sistem zonasi bisa terjadi.

“Kalau kita evaluasi lagi, pasti orang tua kalau dilakukan dengan fair pasti mereka terima. Yang mereka tidak terima karena Banyak penyimpangan yang terjadi yang merugikan orang tua dan murid yang jujur,” pungkas Hetifah. (Red)

*) sumber : kicaunews.com

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum Wr Wb Selamat siang ibu Hetifah Sjaifudian, sebelumnya saya mohon izin untuk memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya Shafa Reikia Islamay, saya merupakan mahasiswa semester 5 pada program studi Hubungan Internasional di Universitas Brawijaya. Saya memiliki kertertarikan untuk melakukan magang di DPR RI dan ingin menjadi bagian dari magangersHetifah. Apabila sekiranya ada kontak yang harus saya hubungi atau adanya ketersediaan lowongan dan hal hal yang dapat saya penuhi untuk bisa menjadi bagian dari magangersHetifah mohon untuk diinformasikan kepada saya😊🙏🏻 Sekali lagi mohon maaf untuk menganggu waktu Ibu Hetifah, tujuan saya disini tidak lain hanya untuk dapat belajar dan mengembangkan potensi diri saya di tempat dimana saya ingin berada. Dan sekiranya ibu berkenan untuk membalas pesan saya, dengan senang hati saya menunggu kabar baik dari Ibu Hetifah😊🙏🏻 Wassalamualaikum Wr Wb

  2. Selamat siang Ibu Arpiah. Untuk pencairan menunggu kurang lebih 2 bulan setelah aktivasi nomor rekening. Terima Kasih

  3. Selamat siang Ibu Darmiaty. Untuk pencairan menunggu kurang lebih 2 bulan setelah aktivasi nomor rekening. Terima Kasih

Lihat semua aspirasi