Hetifah Dorong Keterlibatan Perempuan Ambil Kebijakan Sektor Pariwisata

Jakarta,– Pemerintah Indonesia telah menetapkan pariwisata sebagai sektor prioritas nasional 2019 dengan sektor pertanian dan perikanan.

Oleh karena itu, dibutuhkan perampuan untuk mendukung pengembangan pariwisata Indonesia.

Hal itu seperti dikemukakan Nia Niscaya dalam acara Bimtek Sinergitas Promosi Pariwisata Pasar China Dengan Industri Pariwisata dengan tema “Peran Perempuan dalam Meningkatkan Pembangunan Pariwisata Indonesia”, Selasa (7/8) di Hotel Ciputra.

“Apa yang bisa dilakukan perempuan? Perempuan bisa jadi chef, coordinator event, pengajar pariwisata, pekerja di restoran”, ujar Nia, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata.

Nia juga memaparkan beberapa faktu umum tentang perempuan dalam pariwisata seperti, perempuan memenuhi sebagian besar proporsi tenaga kerja pariwisata yang formal, sektor pariwisata manjadikan perempuan sebagai pemilik usaha/majikan yaitu hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan sektor lainnya, satu dari lima Menteri Pariwisata di seluruh dunia adalah perempuan, perempuan yang bekerja di sektor pariwisata menjadi pekerja sendiri/mandiri dengan proporsi yang jauh lebih tinggi dari pada sektor lain.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian yang menjadi pembicara acara tersebut mengatakan, bahwa prospek perempuan di dunia wisata dua kali lipat lebih besar, bisa sebagai owner.

Hetifah juga ingin agar perempuan menjadi pengambil kebijakan pariwisata yang ramah terhadap perempuan.

“Kalau bisa di dalam kebijakan pariwisata nanti, bisa berperspektif gender. Kalau kita ke tempat wisata, ke toilet pasti susah. Antrinya lebih panjang. Apalagi kalau toiletnya tidak ada gantungan. Makanya, harus memperhatikan kepentingan perempuan”, kata Hetifah.

Hetifah juga meminta pemerintah untuk lebih giat lagi mempromosikan pariwisata yang sangat banyak di Indonesia.

“Pemerintah harus bikin destinasi “Bali baru”. Biar tidak Bali lagi, Bali lagi”, lanjut Hetifah.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek, Efin Soehada dalam sambutanya mengatakan antusias perempuan dalam peningkatan pariwisata.

“Saat kami mau mengadakan acara ini, memang persiapan sangat singkat. Tapi antusiasnya sangat tinggi. Acara ini diikuti 15- peserta dari berbagai pihak, ada dari pelaku industri pariwisata”, kata Efin.

Efin juga menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dalam membantu pengembangan pariwisata unggulan di Indonesia.

*) sumber : kicaunews.com

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga Ibu Hetifah sekeluarga senantiasa mendapatkan keberkahan kesehatan dalam setiap melaksanakan ibadah dan aktifitasnya sebagai wakil rakyat kaltim di DPR RI khususnya di komisi X. Banyak saya mengikuti rekam jejak digital melalui media online bagaimana keseriusan ibu dalam memikirkan dan berbuat untuk pembangunan di Kaltim. Luar biasa menurut saya terlebih lagi kepedulian ibu terhadap peningkatan mutu SDM di Kaltim. Satu kegiatan ibu yang sangat saya salut adalah ketika melakukan acara pertemuan dengan pegiat Literasi se Kaltim yang menghadirkan Kepala Perpustakaan Nasional. kegiatan ini menjadi sangat baik dalam rangka mengingatkan kita khususnya generasi muda betapa pentingnya budaya baca dan informasi di era sekarang ini. Terkait dengan itu saya ingin menyampaikan kepada ibu bahwa baru saja menyelesaikan pembuatan sebuah buku yang diberi judul SANG JUARA. Semangat membuat buku ini teringat dengan kata bijak dalam dunia olahraga bahwa " hanya pemenang yang dicatat dalam sejarah". buku ini berisi Data prestasi yang dicapai oleh masing-masing daerah hasil penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018 di Kutai Timur yang lalu (Nama atlet, Nomor tanding yang diikuti, medali yang diperoleh dan asal daerah). Rencana buku ini selain kami peruntukkan bagi atlet balikpapan juga untuk perpustakaan sekolah (SMP/SMA/SMK/MTs/MA) se kota Balikpapan sebanyak 238 sekolah dengan harapan bahwa jika buku ini dapat diwujudkan maka sungguh sesuai apa yang ibu harapkan terkait dengan pengembangan literasi khususnya literasi dibidang olahraga yang masih jarang kita temukan di perpustakaan. Oleh karena itu kami bermohon ibu dapat membantu penerbitan buku ini khususnya untuk perpustakaan sekolah. Sebagai informasi tentang spesifikasi buku ini adalah ukuran buku 17 Cm x 26 Cm, 170 halaman full colour (kertas art paper 120 gsm) , hard cover (album) art paper 260 gsm laminasi. Jika ibu berkenan berdonasi untuk penerbitan buku ini maka di sampul belakang kami akan cantumkan tulisan GERAKAN DONASI BUKU, BAKTI KAMI UNTUK ATLET BALIKPAPAN disertai foto dan jabatan ibu DR. IR. HETIFAH SJAIFUDIAN, MPP Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Tentu disediakan halaman isi sambutan dari ibu. Demikian permohonan ini saya sampaikan harapan besar dari saya ibu dapat bersedia menjadi donatur. Terima kasih sebelumnya. Hormat saya ALI BAUSAT penggiat olahraga di Balikpapan. 0822 5582 9422 (HP/WA)

  2. Luar biasa ibu nyesal saya pilih rudi mas ud nggak ada kegiatan untuk masarakatnya

  3. Assalamualaikum Wr.Wb Dengan Hormat, Ibu Anggota DPR RI yang kami Cintai, Kami dari Perguruan Tinggi Swasta Di Kalimantan Timur, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tenggarong, sedikit ingin berbagi informasi dan sedikit meminta bantuan 🙏, Di Tahun 2020 kami mendapatkan Kuota Mahasiswa KIP sebanyak 48 orang, dan tahun ini mendapatkan kouta sebanyak 3 orang, sekiranya kami mengharapkan bantuan ibu untuk menambahkan kouta Mahasiswa KIP untuk Perguruan Tinggi kami, sangat besar harapan kami apabila kouta bisa bertambah mengingat banyaknya peminat / mahasiswa yang berada di wilayah kabupaten Kukar Kalimantan Timur memilih Perguruann Tinggi kami sebagai pilihan mereka. 🙏🙏 Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga ibu Dapat memakluminya Hormat saya a.n Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tenggarong. Fandi,SE Staff Kemahasiswaan. 082158685655

Lihat semua aspirasi