Hetifah Dorong Keterlibatan Perempuan Ambil Kebijakan Sektor Pariwisata

Jakarta,– Pemerintah Indonesia telah menetapkan pariwisata sebagai sektor prioritas nasional 2019 dengan sektor pertanian dan perikanan.

Oleh karena itu, dibutuhkan perampuan untuk mendukung pengembangan pariwisata Indonesia.

Hal itu seperti dikemukakan Nia Niscaya dalam acara Bimtek Sinergitas Promosi Pariwisata Pasar China Dengan Industri Pariwisata dengan tema “Peran Perempuan dalam Meningkatkan Pembangunan Pariwisata Indonesia”, Selasa (7/8) di Hotel Ciputra.

“Apa yang bisa dilakukan perempuan? Perempuan bisa jadi chef, coordinator event, pengajar pariwisata, pekerja di restoran”, ujar Nia, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata.

Nia juga memaparkan beberapa faktu umum tentang perempuan dalam pariwisata seperti, perempuan memenuhi sebagian besar proporsi tenaga kerja pariwisata yang formal, sektor pariwisata manjadikan perempuan sebagai pemilik usaha/majikan yaitu hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan sektor lainnya, satu dari lima Menteri Pariwisata di seluruh dunia adalah perempuan, perempuan yang bekerja di sektor pariwisata menjadi pekerja sendiri/mandiri dengan proporsi yang jauh lebih tinggi dari pada sektor lain.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian yang menjadi pembicara acara tersebut mengatakan, bahwa prospek perempuan di dunia wisata dua kali lipat lebih besar, bisa sebagai owner.

Hetifah juga ingin agar perempuan menjadi pengambil kebijakan pariwisata yang ramah terhadap perempuan.

“Kalau bisa di dalam kebijakan pariwisata nanti, bisa berperspektif gender. Kalau kita ke tempat wisata, ke toilet pasti susah. Antrinya lebih panjang. Apalagi kalau toiletnya tidak ada gantungan. Makanya, harus memperhatikan kepentingan perempuan”, kata Hetifah.

Hetifah juga meminta pemerintah untuk lebih giat lagi mempromosikan pariwisata yang sangat banyak di Indonesia.

“Pemerintah harus bikin destinasi “Bali baru”. Biar tidak Bali lagi, Bali lagi”, lanjut Hetifah.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek, Efin Soehada dalam sambutanya mengatakan antusias perempuan dalam peningkatan pariwisata.

“Saat kami mau mengadakan acara ini, memang persiapan sangat singkat. Tapi antusiasnya sangat tinggi. Acara ini diikuti 15- peserta dari berbagai pihak, ada dari pelaku industri pariwisata”, kata Efin.

Efin juga menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dalam membantu pengembangan pariwisata unggulan di Indonesia.

*) sumber : kicaunews.com

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum . buk..mau tanya apakah tahun 2024ini anak2 smp dpt beasiswa LG KH seperti tahun kemarin,maaf buk sy mengharapkan bantuannya unt anak sekolah 🙏🙏

  2. Selamat siang Bu DPRRI Bu Hetifah,salam kenal dari sy Yohanes wang penggemar berat dn pendukung ibu dari Tahun 2014.tak ada penyampaian sy disini yg bersifat aspirasi secara prinsip kepada ibu,namun sy hanya mau menyapa ibu secara pribadi dn klu bisa saya mau minta no wa atau no tlpn ibu yg bisa dihubungi.tks Bu semoga ibu selalu sehat dn diberkati setiap kegiatan dn pekerjaannya dn keluarganya senantiasa dilingi olh Tuhan yg maha esa Amin. 🙏🙏🙏

Lihat semua aspirasi