Hetifah Minta Kesejahteraan Guru Di Daerah Pedalaman Diperhatikan

Jakarta,- Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengatakan bahwa pemerintah wajib memperhatikan kesejahteraan guru-guru di pedalaman. Hal tersebut ia kemukakan pada rapat Komisi X DPR RI dengan jajaran pejabat eselon I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (5/9) di Gedung DPR.

“Keluhan mereka (guru-guru) yang utama itu biasanya tempat tinggal. Di daerah-daerah pedalaman seperti Mahakam Ulu itu harusnya disediakan seperti mess”, ujar legislator asal Kalimantan Timur itu.

Selain itu, Hetifah juga menyinggung program zonasi guru yang diterapkan pemerintah. Menurutnya, pemerintah perlu melakukan redistribusi untuk pemerataan sebaran guru. Ia menyontohkan distribusi guru yang dilakukan Pemkot Balikpapan.

“Di Kaltim ada satu kota yaitu Balikpapan yang cukup sukses sekali menjalankan program itu (zonasi guru). Tahun ini mereka sudah memindahkan 50 lebih guru. Ini mungkin bisa menjadi trik dan contoh atau semacam best practice bagi yang lain”, lanjut Hetifah.

Untuk diketahui, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBN) 2020, Pemerintah mengalokasikan dana pendidikan sebesar Rp. 505,75 triliun. Adapun Kemendikbud mendapat alokasi anggaran sebesar Rp. 35,7 triliun.

*) sumber : FPG

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamuallaikum..Alhamdulillah sy mempunyai ank2 yg pintar2 tp dalam pembyran uang sekolah km kurng mampu..sampai sekrng ank2 sy blm pernh dpt bntuan/beasiswa u.meringankn uang sekolahx,, apakah ank2 sy bisa menerima bntuan dr ibu..?

  2. Assalamuallaikum..maaf ibu anak2 sy Alhamdulillah anak2 yg pintr ibu dn km dr keluarga yg kurang mampu dlm masalah pembyran uang sekolah semester..smpai skrng anak2 sy blm prnh dpt bantuan/beasiswa dr mn pun u. meringankn pembyran uang sekolah mereka..apakh ank2 sy bisa mendptkn bntuan dr ibu..?

  3. Assalamualaikum bunda, Ada yg ingin sy tnyakan, dan ingin cerita sedikit, kmrn sore sy dapat formulir dari pak RT sy, katanya formulir beasiswa untuk anak2 sekolah, ap programnya itu benar ada? Karena di formulir itu tertera nama bunda🙏 terima kasih bunda🙏

Lihat semua aspirasi