Kemendikbud Timbang Usulan Pengadaan Gawai untuk Siswa Tak Mampu

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal mengkaji pengadaan gawai untuk siswa yang selama ini kesulitan pembelajaran daring. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan, memang banyak siswa yang terkendala pendidikannya karena tidak memiliki gawai.

"Untuk pengadaan gawai harus kita diskusikan lebih lanjut. Kalau semua anak yang tidak mampu disiapkan gawai itu artinya ada 18 jutaan (unit gawai) kita siapkan," kata Hamid dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RPDP) Kemendikbud dengan Komisi X DPR, Kamis, 9 Juli 2020.

Hamid menyebut, Kemendikbud harus terlebih dahulu melihat postur anggaran yang ada. Sebab, pengadaan gawai tersebut sudah barang tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Ini memang memerlukan anggaran cukup besar, oleh karena itu akan kami siapkan exercise dana yang dibutuhkan," ujarnya.

Baca:Pasal Guru dan Dosen Asing Tak Wajib Sertifikasi Dikritisi

Usulah pengadaan gawai ini datang dari Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian. Hetifah memandang pengadaan gawai bagi siswa yang kesulitan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sangat dimungkinkan.

"Kami juga berharap gawai ini diproduksi dalam negeri. Begitu juga selanjutnya bisa melanjutkan kerja sama dengan provider untuk akses internetnya," kata Hetifah.

*)sumber : Medcom

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Bu saya orngtua murid Ahmad Syairofi SD 013 Smrd Seberang kelas 3 mau tanya bgmana kelanjutan dgn beasiswi. Mulai bulan puasa isi formulir know belum ada kepastian. Sedangkan kmi orang yg ga mampu,dgn rendah diri mohon bntuanx.

  2. Atas nama Putri Devina Nurhayati dari SMK kehutanan Samarinda

  3. Assalamu'alaikum bu bulan kemarin saya telah mengisi formulir beasiswa apakah telah ada pengumuman nya bu untuk yg tingkat Perguruan Tinggi?

Lihat semua aspirasi