Pandemi Covid-19, DPR Minta Sebaran Modul Belajar Jarak Jauh di Daerah Lebih Digencarkan

"Karena modul ini salah satu faktor yang mungkin bisa membuat kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi lebih berkualitas lebih menarik."

Jakarta- Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian meminta agar Kementerian Pendidikan berkoordinasi dengan daerah-daerah untuk segera menyebarkan modul pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menurutnya dalam situasi pandemi, modul pembelajaran sangat dibutuhkan bukan hanya oleh guru namun juga orang tua, agar melakukan pembelajaran lebih menyenangkan. 

Ia juga meminta agar pemerintah saling berkoordinasi antar kementerian terkait masalah fasilitas PJJ di daerah-daerah tertinggal.

Hasil survei Balitbang Kemendikbud mengatakan hanya 28 persen guru di daerah yang memiliki modul PJJ, sedangkan sisanya terkendala informasi, geografis, fasilitas, dan biaya sehingga tidak mendapat modul PJJ ini.

"Tentu saja sangat disayangkan ya karena modul ini salah satu faktor yang mungkin bisa membuat kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi lebih berkualitas lebih menarik. Kita merasakan bagaimana persoalan yang dihadapi dari satu persatu dan mulai dipecahkan misalnya dari akses internet khususnya terkait dengan pulsa sudah ada mungkin bantuan.  Kemudian juga terkait dengan guru orang tua dan juga kurikulum yang dirasa sangat memberatkan sehingga mungkin kegiatan PJJ dianggap sangat membosankan dan tidak menyenangkan," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian.

Kata dia hal itu     dipermudah dengan ada modul tersebut. Dia meminta   sosialisasinya harus lebih intensif dan gencar. 

"Cara penyebar luasnya pun bisa kita permudah. Jadi bisa bertahap gitu ada satu kelompok guru di satu daerah yang sudah dapat akses melalui di hard disk kalau dia susah untuk mengaplod satu persatu karena banyak sekali kan dari mulai PAUD, SD, SMP, SMA sampai dengan SMK. Juga  mungkin bisa nanti melalui jaringan jaringan apakah seperti asosiasi seperti PGRI ataupun melalui dinas-dinas," urai dia.

Dia meminta sekolah proaktif  mendapatkan modul tersebut. 

*) sumber : KBR

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. saya sudah tahun ke delapan mengajar di salah satu SMK Negeri tapi terkendala dengan pelatihan dan sebagainya karena ada beberapa pelatihan yang tidak menerima guru yang hanya memenuhi jenjang D3, sedangkan untuk informasi mengenai program beasiswa agak lambat karena daerah kami yang masuk kategori tertinggal, dan kadan sulit karena harus ada NUPTK sedangkan salah satu syarat adalah NUPTK sebuah masalah yang sangat dilematis, sedangkan mengajar adalah obsesi saya, mohon informasi untuk beasiswa terutama pembelajaran atau kuliah jarak jauh, terima kasih

  2. Assalamualaikum....saya guru honor TK di Bandung lulusan D1 PGTK dan sekarang sedang melanjutkan kuliah S1 PG PAUD di UT,adakah bantuan beasiswa untuk saya? Terima kasih banyak jika ibu berkenan membantu saya.

  3. Trimaksih ibu atas segala usaha yang ibu lakukan buat kami guru2 honorer yang ada di kota balikpapan,begitu juga daerah lain.kami berharap ada solusi yang diberikan bagi kami guru honorer yang sudah lama mengajar.kami adalah K2 balikpapan .yang berharap mendapat jawaban dari setiap permohonan kami .Salam sukses buat setiap program kerja ibu.

Lihat semua aspirasi