Pandemi Covid-19, DPR Minta Sebaran Modul Belajar Jarak Jauh di Daerah Lebih Digencarkan

"Karena modul ini salah satu faktor yang mungkin bisa membuat kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi lebih berkualitas lebih menarik."

Jakarta- Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian meminta agar Kementerian Pendidikan berkoordinasi dengan daerah-daerah untuk segera menyebarkan modul pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menurutnya dalam situasi pandemi, modul pembelajaran sangat dibutuhkan bukan hanya oleh guru namun juga orang tua, agar melakukan pembelajaran lebih menyenangkan. 

Ia juga meminta agar pemerintah saling berkoordinasi antar kementerian terkait masalah fasilitas PJJ di daerah-daerah tertinggal.

Hasil survei Balitbang Kemendikbud mengatakan hanya 28 persen guru di daerah yang memiliki modul PJJ, sedangkan sisanya terkendala informasi, geografis, fasilitas, dan biaya sehingga tidak mendapat modul PJJ ini.

"Tentu saja sangat disayangkan ya karena modul ini salah satu faktor yang mungkin bisa membuat kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi lebih berkualitas lebih menarik. Kita merasakan bagaimana persoalan yang dihadapi dari satu persatu dan mulai dipecahkan misalnya dari akses internet khususnya terkait dengan pulsa sudah ada mungkin bantuan.  Kemudian juga terkait dengan guru orang tua dan juga kurikulum yang dirasa sangat memberatkan sehingga mungkin kegiatan PJJ dianggap sangat membosankan dan tidak menyenangkan," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian.

Kata dia hal itu     dipermudah dengan ada modul tersebut. Dia meminta   sosialisasinya harus lebih intensif dan gencar. 

"Cara penyebar luasnya pun bisa kita permudah. Jadi bisa bertahap gitu ada satu kelompok guru di satu daerah yang sudah dapat akses melalui di hard disk kalau dia susah untuk mengaplod satu persatu karena banyak sekali kan dari mulai PAUD, SD, SMP, SMA sampai dengan SMK. Juga  mungkin bisa nanti melalui jaringan jaringan apakah seperti asosiasi seperti PGRI ataupun melalui dinas-dinas," urai dia.

Dia meminta sekolah proaktif  mendapatkan modul tersebut. 

*) sumber : KBR

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Kami guru SMK yg naunganya di pemprov. Kaltim. Kami ingin Dalam masalah kenaikan pangkat jgn lah di persulid. Ini yg Kami Alami sebagai guru. Karena kami sudah mengajar, bikin perangkat mengajar tapi masih terbebani, Ini Itu Dalam pelaksanaan kenaikan pangkat yg penting sudah 2 tahun dan kridit nya sudah melampaui yg di tentukan, kami bisah di permudah dlm naik pangkat wassallam

  2. Ibuk... saya harap ada tranparannya dalam setiap ujian UP PPG... ada yg sudah berapa kali ikut tapi tidak lulus. Anehnya padahal ujiannya sistem online, tapi hasilnya kok gak bisa langsung diumumkan sih... Dan harapannya bagi yg sudah lulus UP untuk segera ditindaklanjuti terkait kenaikan honornya 😁😁

  3. NamaRistiono Ketua POKDAKAN OPLUSAN Saya selaku. KetuaPOKDAKAN OPLUSAN Memohon kepada Ibu yang Saya Hormati Kami berherak dibidang Budidaya. Perikanan air tawaryaitu BUDIDAYA IKAN LELEKOLAM TERPAL. Yang mengalami permasalahan tingginya harga pakan ikan maka dari itu Saya Selaku Kerua Kelompok POKDAKAN OPLUSANMemohon bantuan berupa MESIN PENEPUNG dan MESIN PENCETAK PELET satu paket

Lihat semua aspirasi