174 Usulan dari 6 Kampung Musrenbang di Kecamatan Biduk-Biduk

Selasa, 4 Februari 2014 http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Berau/49068 TANJUNG REDEB - Biduk-Biduk yang terletak di ujung pesisir selatan Kabupaten Berau menjadi kecamatan pertama yang dikunjungi Bupati Berau Makmur HAPK dan Wakil Bupati Ahmad Rifai dalam kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) program kegiatan tahun 2015 mendatang. Musrenbang yang digelar Senin (3/2) kemarin, juga dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Berau, serta seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Musrenbang pertama di 2014 ini juga untuk pertama kalinya dihadiri anggota Komisi V DPR RI asal kaltim, Hetifah. Dari 6 kampung di Kecamatan Biduk-Biduk, mulai Tanjung Perepat, Teluk Harapan, Giring-Giring, Biduk-Biduk, Teluk Sulaiman dan Teluk Sumbang, tercatat ada 174 usulan, yang terdiri fisik 71 usulan, sosial dan budaya 53 usulan dan di bidang ekonomi 50 usulan. Namun dari ratusan usulan tersebut, masing-masing kepala kampung diminta menyampaikan program prioritas yang sebelumnya dihimpun dari pelaksanaan musrenbang tingkat kampung. Dipimpin Wakil Bupati Ahmad Rifai, Setiap kepala kampung menyampaikan program prioritas. Seperti kepala Kampung Teluk Sumbang yang mengusulkan pembukaan badan jalan dari ibukota Kecamatan Biduk-Biduk menuju Teluk Sumbang yang panjang berkisar 30 kilometer. Selain itu masyarakat di ujung pesisir selatan ini juga mengharapkan pembangunan menara telekomunikasi, karena Teluk Sumbang belum tersentuh signal telekomunikasi. Sementara Camat Biduk-Biduk, Muzakkir, dalam laporannya,  mengungkapkan Biduk-Biduk saat ini prioritas pada pembangunan kepariwisataan dengan keunggulan wisata alam di beberapa kampung. Bahkan tingkat kunjungan wisatawan ke daerah ini terus meningkatkan setiap tahunnya. Masyarakat di kecamatan ini pun dikatakan Muzakkir berharap perusahaan listrik negara (PLN) dapat meningkatkan pelayanan dari ketersediaan energi listrik 12 jam menjadi 24 jam. Untuk penyerapan alokasi dana kampung (ADK) yang dialokasikan kepada 6 Kampung di Biduk-Biduk sebesar Rp 4,3 miliar. Dari pelaksanaan ADK tahun 2013 tadi tercatat penyerapan 66,33 persen atau berkisar 2,905 miliar. Sementara yang menjadi sisa lebih pelaksanaan anggaran (silpa) tercatat 33,67 persen atau sebesar Rp 1,474 miliar yang tersimpan di rekening kampung. “Beberapa pembangunan fasilitas publik sudah terbangun dengan dukungan ADK,” tandasnya. Sementara anggota komisi V DPR RI Hetifah yang hadir dalam musrenbang juga memberikan apresiasi pelaksanaan musrenbang di tingkat kecamatan yang diikuti pimpinan daerah. Ia mengatakan pemerintah pusat akan memberikan dukungan penuh terhadap program yang ada dengan memaksimalkan pengalokasian anggaran dari pusat. “Dalam waktu dekat anggota komisi V akan berkunjung ke Kabupaten Berau untuk menyerap usulan langsung dari masyarakat,” tandasnya. (hms7/rif)

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum wr. wb Yth. Ibu Hetifah Wakil ketua komisi X DPR RI Saya ingin menyuarakan terkait permasalahan di SMK 12 Samarinda terkait dengan pembangunan sarana & prasana sekolah yang sampai saat ini mandek di tempat sehingga belum bisa secara maksimal untuk sekolah melaksanakan proses praktikum ataupun pembelajaran biasa dikarenakan kondisi saat ini sekolah masih ada sebagian gedung yang menumpang di SMP 28 Samarinda terutama untuk workahop & bangunan laboratorium jurusan. Untuk gedung baru sekolah yang baru sudah terbangun sekitar 40%. Dikarenakan masih adanya permasalahan terkait dokumen kepemilikan tanah yang masih belum jelas sehingga sangat sulit bagi kami untuk mendapatkan bantuan untuk pembangunan gedung baru di lokasi yang sekarang. Sekiranya ibu berkenan berkunjung ke Sekolah kami untuk melihat situasi & kondisi saat ini di SMK Negeri 12 Samarinda. Semoga ibu membaca aspirasi dari saya sekian 🙏🙏. Terimaksih ibu sudah bersedia menampung aspirasi saya.

  2. Ini anak saya dapat pip tahun 2020...karna baru tahu kalau dapat di tahun 2022(pihak sekolah gk memberi tahu kalo dpt)...sdh diurus ternyata dana udah hangus...apa untuk selanjutnya bisa dapat lagi?

  3. thanks for your information, dont forget to visit airlangga university website https://www.unair.ac.id/2022/07/14/summer-program-wuacd-unair-bahas-strategi-pemberdayaan-perempuan-di-indonesia-dan-filipina/

Lihat semua aspirasi