Hetifah Dorong Perguruan Tinggi Sediakan Layanan Konsultasi Psikolog Gratis Bagi Mahasiswa

Samarinda – Kabar mengejutkan datang dari Samarinda. Seorang mahasiswa berinisial BH (25), ditemukan tewas bunuh diri pada Sabtu (11/7/2020) sore. Berdasarkan keterangan dari kakak angkat korban, diduga BH depresi karena dirinya tak kunjung lulus setelah berkuliah selama 7 tahun.

Menanggapi hal tersebut, wakil rakyat asal Kalimantan Timur, Hetifah Sjaifudian mengaku sangat prihatin.

“Sangat terkejut dan sedih mendengarnya. Turut berduka cita untuk keluarga almarhum,” ujarnya.

 Hetifah Dorong Perguruan Tinggi Sediakan Layanan Konsultasi Psikolog Gratis Bagi Mahasiswa

Dia menambahkan, di era pandemi ini kita harus lebih sering memperhatikan satu sama lain.

“Di masa-masa ini, sangat rentan stres akibat masalah ekonomi, kesehatan, dan yang lainnya. Apalagi, interaksi sosial kita berkurang. Sebaiknya kita sesama teman, anggota keluarga, juga antar dosen dan mahasiswa saling menjaga dan mengecek keadaan satu sama lain apakah baik-baik saja,” jelasnya.

Hetifah yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini berharap, hal tersebut jangan sampai terulang kembali.

“Pihak kampus mohon untuk selalu memonitor keadaan mahasiswanya, apalagi yang tinggal jauh dari keluarga. Jangan tambahkan beban-beban akademik lain yang terlalu berat, dan sebaiknya ada kelonggaran yang diberikan di masa pandemi,” paparnya.

Terakhir, Hetifah mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan layanan konsultasi psikologis untuk mahasiswanya.

“Di negara-negara maju, kesehatan mental sangat menjadi perhatian. Kampus-kampus biasanya menyediakan jasa konsultasi gratis dengan psikolog untuk para mahasiswa, dan itu sangat ditekankan dari awal masuk. Sayang sekali di kita ini belum lumrah, padahal sudah ada undang-undangnya mengenai kesehatan jiwa. Saya harap ini mulai menjadi perhatian untuk perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia.” pungkasnya.

*) sumber : kaltimtoday

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Kami guru SMK yg naunganya di pemprov. Kaltim. Kami ingin Dalam masalah kenaikan pangkat jgn lah di persulid. Ini yg Kami Alami sebagai guru. Karena kami sudah mengajar, bikin perangkat mengajar tapi masih terbebani, Ini Itu Dalam pelaksanaan kenaikan pangkat yg penting sudah 2 tahun dan kridit nya sudah melampaui yg di tentukan, kami bisah di permudah dlm naik pangkat wassallam

  2. Ibuk... saya harap ada tranparannya dalam setiap ujian UP PPG... ada yg sudah berapa kali ikut tapi tidak lulus. Anehnya padahal ujiannya sistem online, tapi hasilnya kok gak bisa langsung diumumkan sih... Dan harapannya bagi yg sudah lulus UP untuk segera ditindaklanjuti terkait kenaikan honornya 😁😁

  3. NamaRistiono Ketua POKDAKAN OPLUSAN Saya selaku. KetuaPOKDAKAN OPLUSAN Memohon kepada Ibu yang Saya Hormati Kami berherak dibidang Budidaya. Perikanan air tawaryaitu BUDIDAYA IKAN LELEKOLAM TERPAL. Yang mengalami permasalahan tingginya harga pakan ikan maka dari itu Saya Selaku Kerua Kelompok POKDAKAN OPLUSANMemohon bantuan berupa MESIN PENEPUNG dan MESIN PENCETAK PELET satu paket

Lihat semua aspirasi