Isu IKN Jadi Peluang Kaltim Peroleh Perhatian Sektor Kepariwisataan

Jakarta,- Menjadi keynote speaker dalam Bimbingan Teknis untuk pemahaman branding Wonderful Indonesia dan konten marketing, Anggota DPR RI dapil Kaltim, Hetifah Sjaifudian menyampaikan pentingnya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sektor kepariwisataan.

"Dalam hal pelayanan kepada wisatawan perlu dipastikan. Bagaimana seseorang mampu meninggalkam kesan dan pesan kepada pengunjung," ucap Hetifah dalam acara bertempat di Hotel Selyca Samarinda, Sabtu pagi, 2 November 2010.

Selain itu, sinergitas antar pelaku wisata dalam setiap destinasi dan aksesibilitas  harus bisa diandalkan. 

"Harus ada pararel antar destinasi dan aksesibilitas ke Kaltim yang tidak mahal juga bisa diandalkan," tegasnya yang juga Wakil Ketua Komisi X itu. 

Pun, soal terjaminnya keamanan dan keselamatan para wisatawan harus terjaga. Kemudian, strategi marketing dan promosi wisata juga perlu ide-ide kreatif. 

Belum lagi sementara ini telah ada beberapa daerah di Kaltim yang mendapatkan dukungan khusus kawasan pariwisata. Yakni, Kabupaten Berau dan Kabupaten Mahulu yang telah menjadi ikon wisata lokal di internasional. 

"Ditambah Fesma di Samarinda, Erau di Kukar dan Balikpapan Fest bisa mendapatkan support dari APBN melalui Kementerian Pariwisata dan Ekraf," jelas dia. 

Yang pasti, di tahun 2020 nanti Kaltim akan meningkatkan sektor kepariwisataan tiap daerah yang turut dibarengi dalam sektor ekonomi. 

Apalagi mencuatnya kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim memiliki peluang Pariwisata yang dapat menjanjikan.

"Isu IKN ini kan yang menjadikan Kaltim daerah ibu kota, jadi harus kita apresiasi. Otomatis memperoleh perhatian pusat lebih mudah," pungkasnya.

*) sumber : klikkaltim

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Apakah beasiswa yang ada dalam artikel ini masih bisa kami ikuti. Karena ada kawan kami yang mengirimkan formulir pendaftarannya Sedangkan artikel ini menyebutkan tahun 2010. Mohon pencerahannya

  2. Salam, Selamat malam ibu Hetifa, perkenalkan nama saya michael anggi dari bontang kalimantan timur Saat ini saya sedang menempuh studi S2 di jurusan Geofisika Reservoir Universitas Indonesia Pada kesempatan ini saya ingin bertanya apakah saya masih bisa ikut mengurus beasiswa yang diadakan oleh Ibu Hetifa ? Terima Kasih bu Salam, Michael Anggi

  3. Kondisi sekolah yg akan roboh dan sekolah dengan kayu berapa sekolah panggung karena sekolah di pinggiran sungai batang hari Kabupaten Muaro Jambi , Provinsi Jambi. Boleh kah saya mengajukan proposal untuk merenovasi sekohlah?

Lihat semua aspirasi