Sosialisasi Sinergi Warga Benua Etam di Luar Daerah dalam Memaksimalkan Pariwisata Menyambut IKN

YOGYAKARTA - Sosialisasi Sinergi Warga Benua Etam di Luar Daerah dalam Memaksimalkan Pariwisata Menyambut IKN di Kaltim.

Acara Sosialisasi Sinergi Warga Benua Etam di Luar Daerah dalam Memaksimalkan Pariwisata dalam Menyambut Ibukota Negara, telah diadakan di Hotel Jambuluwuk Yogyakarta, Senin, 9 Desember 2019.

Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dr Ir Hetifah Sjaifudian MPP, anggota Komisi X DPR RI dari Provinsi Kalimantan Timur.

Peserta acara tersebut adalah para mahasiswa asal Kalimantan Timur yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri oleh hampir 100 peserta dari berbagai universitas.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Promosi Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesi pertama diisi dengan paparan dari berbagai narasumber yang ahli di bidang pariwisata.

Sesi kedua merupakan sesi Focus Group Discussion, dimana para peserta diminta untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan asal kabupaten/kotanya di Kalimantan.

Selanjutnya, tiap kelompok diminta menggambarkan kelemahan, potensi, serta kekuatan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Rido Tri Putra, mahasiswa asal Universitas Gajah Mada Yogyakarta menganggap, acara ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya pariwisata daerah.

“Mahasiswa Kaltim di luar daerah dapat berperan dalam mempromosikan kunjungan wisata ke Kaltim. Kolaborasi harus dilakukan agar proses ini berjalan optimal”, ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Hetifah mengatakan sosialisasi seperti ini sangat penting, terutama dalam rangka menyambut Kalimantan Timur sebagai Ibukota negara.

“Masyarakat Kaltim harus teredukasi mengenai isu-isu yang mungkin muncul dengan pindahnya ibukota, baik dalam bidang pariwisata atau yang lainnya. Saya harap program-program ini dapat terus diadakan”, ucapnya.

Acara ditutup dengan pemaparan kesimpulan, serta rekomendasi yang dapat dilakukan untuk memajukan pariwisata Kalimantan Timur kedepannya. Beberapa rekomendasi yang muncul antara lain adalah diadakannya pagelaran seni khas Kalimantan Timur, dan juga kolaborasi antar organisasi mahasiswa daerah di luar Kalimantan Timur.

*) sumber : tribun kaltim

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Bu saya orngtua murid Ahmad Syairofi SD 013 Smrd Seberang kelas 3 mau tanya bgmana kelanjutan dgn beasiswi. Mulai bulan puasa isi formulir know belum ada kepastian. Sedangkan kmi orang yg ga mampu,dgn rendah diri mohon bntuanx.

  2. Atas nama Putri Devina Nurhayati dari SMK kehutanan Samarinda

  3. Assalamu'alaikum bu bulan kemarin saya telah mengisi formulir beasiswa apakah telah ada pengumuman nya bu untuk yg tingkat Perguruan Tinggi?

Lihat semua aspirasi