Waka Komisi X DPR Minta LADI Edukasi Masyarakat

JAKARTA – Menyusul sanksi World Anti-Doping Agency (WADA) kepada Indonesia, Wakil Ketua (Waka) Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyerukan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) agar lebih proaktif memberi edukasi kepada masyarakat terutama para atlet tentang makanan dan minuman yang masuk kategori doping.

“Edukasi LADI penting agar masyarakat tahu antidoping. Aturan antidoping juga berubah-ubah. Semua pengurus cabang olahraga harus mengerti, ini masuk kategori doping atau tidak,” kata Hetifah, Rabu (10/11/2021).

Hetifah mengingatkan, banyak aturan baru yang mungkin sudah dirilis WADA bagi dunia olahraga. Sehingga LADI harus terus mengakses informasi mutakhir WADA, agar bisa mengetahui persoalan antidoping. Di sinilah pentingnya edukasi yang dilakukan LADI ke semua cabang olahraga nasional. Dan untuk program edukasi ini memang membutuhkan dukungan anggaran.

Keinginan LADI untuk menjadi lembaga independen, kata Hetifah, bisa terealisir. Namun, pemerintah tak boleh kehilangan akses pengawasan terhadap LADI. “Walaupun LADI independen, tapi pemerintah harus mengetahui fakta-fakta yang sebenarnya. Jangan sampai pemerintah menganggap semuanya berjalan baik. Padahal, banyak hal yang harus dibemahi,” harap politisi Partai Golkar tersebut.

Bahkan, lanjut Hetifah lagi, keinginan LADI untuk disebut nomenklaturnya dalam RUU Sistem Keolahragaan Nasional bisa dipahami dan didukung Komisi X DPR. Namun, harus ada yang mengawasi LADI secara resmi. Pengawasanya bisa Kemenpora, Kemenkes, atau institusi lain yang ditunjuk pemerintah. Pengawasan ini penting agar LADI tak membuat kesalahan serupa yang merugikan nama Indonesia di mata dunia.

*) sumber : pakuanraya.com

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum wr. wb Yth. Ibu Hetifah Wakil ketua komisi X DPR RI Saya ingin menyuarakan terkait permasalahan di SMK 12 Samarinda terkait dengan pembangunan sarana & prasana sekolah yang sampai saat ini mandek di tempat sehingga belum bisa secara maksimal untuk sekolah melaksanakan proses praktikum ataupun pembelajaran biasa dikarenakan kondisi saat ini sekolah masih ada sebagian gedung yang menumpang di SMP 28 Samarinda terutama untuk workahop & bangunan laboratorium jurusan. Untuk gedung baru sekolah yang baru sudah terbangun sekitar 40%. Dikarenakan masih adanya permasalahan terkait dokumen kepemilikan tanah yang masih belum jelas sehingga sangat sulit bagi kami untuk mendapatkan bantuan untuk pembangunan gedung baru di lokasi yang sekarang. Sekiranya ibu berkenan berkunjung ke Sekolah kami untuk melihat situasi & kondisi saat ini di SMK Negeri 12 Samarinda. Semoga ibu membaca aspirasi dari saya sekian 🙏🙏. Terimaksih ibu sudah bersedia menampung aspirasi saya.

  2. Ini anak saya dapat pip tahun 2020...karna baru tahu kalau dapat di tahun 2022(pihak sekolah gk memberi tahu kalo dpt)...sdh diurus ternyata dana udah hangus...apa untuk selanjutnya bisa dapat lagi?

  3. thanks for your information, dont forget to visit airlangga university website https://www.unair.ac.id/2022/07/14/summer-program-wuacd-unair-bahas-strategi-pemberdayaan-perempuan-di-indonesia-dan-filipina/

Lihat semua aspirasi